Tayangan halaman minggu lalu

Minggu, 01 Mei 2011

PETUNJUK DIAGNOSIS DAN MANAJEMEN UNSTABLE ANGINA ( UA) DAN NON ST-SEGMENT ELEVATION MIOCARD INFARCTION (NSTEMI)

ABSTRAK
Penyakit jantung merupakan penyebab kematian wanita dan pria nomor satu di US. Adanya penemuan-penemuan baru membuat American College of Cardiologi (ACC) dan American Heart Associstion (AHA) merasa perlu membuat petunjuk untuk menangani kejadian unstable angina (UA) dan NSTEMI. Dengan mengimplementasikan petunjuk-petunjuk ini, para pelaku pemberi layanan kesehatan dapat memberikan perawatan berkualitas pada pasien ini.

PENGENALAN
Coronary Artery Disease (CAD) dipastikan telah menjadi penyebab kematian wanita dan pria di AS. Acut Coronary Syndromes (ACS) adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan tanda dan gejala klinik adanya iskemik miocard. ACS meliputi: AMI (baik STEMI ataupun NSTEMI) dan kejadian selama fase unstable angina. UA/NSTEMI biasanya disebabkan oleh penyakit arterosklerosis yang dihubungkan denga peningkatan resiko mati mendadak dan MI. Secara patologi, proses UA/NSTEMI adalah rupturnya plague dan trombosis di dalam arteri coronaria sehingga mengurangi aliran darah ke otot jantung yang lalu menyebabkan iskemia otot jantung.
Manfaat adanya petunjuk ini adalah untuk membantu petugas kesehatan dalam mendiagnosis dan menangani UA/NSTEMI. ACC dan AHA membentuk pasukan khusus untuk membuat suatu rekomendasi guna mendiagnosa dan menangani UA/NSTEMI. Petunjuk pertama dibuat tahun 2000 lalu di revisi tahun 2002 berdasarkan temuan terbaru dari klinika trial penanganan UA/NSTEMI.

EVALUASI DAN MANAJEMAN AWAL
Arterosklerotik CAD biasanya menyebabkan UA/NSTEMI yang dihubungkan dengan kematian akibat jantung. Kesulitan tersering adalah membedakan secara klinis antara pasien dengan CAD atau bukan CAD. Pasien dengan tanda dan gejala yang mengarah pada CAD seharusnya dimonitor secara kontinyu dengan EKG. Harus ada kesanggupan mendapatkan ke-12 lead EKG dan adanya dedibrilator jika perlu. Pasien yang ditetapkan AMI harus mendapat terapi perbaikan perfusi secepatnya. Selama mendiagnosis awal dilakukan, ada 4 potesnsial diagonosis yang nungkin; ACS, non-ACS cardiac condition dengan penyakit spesifik yang lain atau kondisi non cardiak yang belum diketahui.

UA/NSTEMI terjadi karena ketidakkuatan suplai dan atau peningkatan kebutuhan oksigen otot jantung. Ada 5 penyebab UA/NSTEMI;1). Hampir semua disebabkan penurunan perfusi otot jantungdari koronary arteri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar